Perbedaan Saffron Iran dan Spanyol, Beserta Penjelasan dan Jenisnya yang Harus Anda Ketahui

Perbedaan Saffron Iran dan Spanyol, Beserta Penjelasan dan Jenisnya yang Harus Anda Ketahui

Saffron Iran dan Spanyol. Bunga saffron crocus tumbuh subur di tanah kering berudara sejuk dengan paparan sinar matahari penuh. Bunga saffron juga membutuhkan tanah yang dikeringkan dengan baik. Kondisi yang semacam ini sangat ideal sekali buat negara Iran, dan inilah salah satu alasan Iran terus menjadi produsen saffron terbesar di dunia. Iran menyumbang 90% dari total produksi saffron di dunia.

Saffron Spanyol dan saffron Afghanistan adalah dua produsen yang saling bersaing, tapi mereka hanya menyumbang 4% gabungan saja. Meskipun bukan penghasil utama saffron, Spanyol juga menghasilkan saffron yang berkualitas sangat baik.

Saffron merupakan salah satu rempah yang paling banyak digunakan di Spanyol. Rempah yang paling mahal di dunia dan digunakan dalam berbagai macam hidangan Spanyol, seperti dilansir okezone. Hidangan paling popular yang menggunakan rempah-rempah saffron adalah nasi pilaf atau pilau Spanyol. Selain itu ada juga hidangan populer lainnya seperti nasi kuning Meksiko, paella Spanyol, dan risotto Italia. Sejumlah hidangan ikan bouillabaisse juga dimasak dengan Spanish saffron.

la mancha spanyol, saffron spanyol

Sejarah Saffron Spanyol

Spanish saffron ternyata sudah digunakan sejak beberapa tahun yang silam. Ada sejarah menarik tentang saffron di Spanyol. Pada zaman dahulu kaisar Romawi yang bernama Nero menggunakan saffron untuk menutupi jalan-jalan dalam proses upacara. Para ekonom mengatakan bahwa dulu saffron pernah digunakan sebagai mata uang. Para wanita Iran menggunakannya sebagai bahan kosmetik.

Orang-orang Fenesia, yang merupakan anggota dari Semitik Kuno dan mendominasi perdagangan millenium pertama sebelum masehi (SM), menggunakan bunga crocus ini untuk membuat kerudung bagi pengantin wanita mereka. Dan di Yunani rempah ini digunakan sebagai obat.

Pastikan Saffron Spanyol yang Anda Beli Asli

Mengenai Saffron Iran dan Spanyol ada satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah bahwa sebagian besar saffron Spanyol yang dijual secara lintas negara atau pasar internasional adalah saffron Iran. Karena belum memungkinkan bagi Spanyol sendiri untuk menghasilkan dan mengekspor sejumlah saffron dengan tingkat produksinya saat ini.

Beberapa alasannya adalah karena biaya tenaga kerja yang jauh lebih tinggi dari biaya penanaman saffron. Sangat sulit bagi Spanyol untuk bersaing dengan saffron Iran kalau biaya produksi mereka saja hampir dua kali lipatnya.

Tapi, jika Anda tetap ingin membeli saffron Spanyol, kami sarankan untuk meminta sertifikat keaslian (Certificate of Origin) kepada penjual. Terkhusus jika Anda mau membeli jenis La Mancha saffron, kami sarankan untuk tidak membelinya kecuali penjual memiliki DOP (Denomination of Protected Origin). Karena jenis saffron ini sangat mahal, jadi pastikan Anda mendapatkan yang asli dan bukan hanya saffron Iran yang diganti mereknya. Karena memang hanya dengan ini Saffron Iran dan Spanyol dapat dibedakan.

saffron spanyol, spanish saffron, rumah saffron

Jenis-Jenis Saffron Spanyol

Sebagaimana saffron iran, saffron Spanyol juga memiliki tingkat kualitas yang berbeda-beda. Tapi, saffron Spanyol diatur sangat ketat oleh pemerintahnya, sehingga sulit diakses secara luas. Berikut beberapa jenis saffron Spanyol yang harus Anda ketahui:

1. Saffron Coupe

Jenis saffron yang mirip dengan sargolnya Iran secara fisik. Memiliki panjang putik yang lebih pendek dan berwarna merah semua. Jenis ini sangat paten dan berkualitas paling tinggi diantara semua saffron yang dihasilkan Spanyol. Aroma, rasa dan warnanya sangat kuat.

2. La Mancha Saffron

Putiknya panjang dengan ujung kuning dan orange. Meskipun bukan kualitas tertinggi di Spanyol, La Mancha adalah jenis saffron yang paling mahal, karena volume produksinya yang rendah dan permintaan pasar yang tinggi. Harga untuk saffron La Mancha bisa dua kali lipat dari saffron poushalnya Iran, yang kualitasnya setingkat. Sekali lagi, ini karena biaya tenaga kerja yang sangat tinggi di Spanyol.

Sudah biasa dan sangat umum bahwa distributor membeli saffron poushal Iran dan memberi label ulang sebagai saffron la mancha Spanyol. Karena memang antara poushal Iran dan la mancha sangat mirip. Jadi untuk alasan ini, kami sarankan meminta DOP.

3. Selected

Saffron Iran yang diganti mereknya saja. Jenis saffron import dari Iran hanya diganti merek menjadi “Selected Spanish Saffron”.

Manfaat Saffron Spanyol

Saffron sudah sangat terkenal karena manfaatnya untuk kesehatan dan sebagai obat untuk berbagai macam penyakit. Beberapa manfaat saffron Spanyol adalah:

1. Perawatan kanker

Saffron yang mengandung senyawa seperti, safranal, crocetin, dll. Telah terbukti berkhasiat sebagai obat terbaik melawan kanker payudara dan hati. Zat-zat tersebut secara efektif dapat menghilangkan tumor pancreas juga.

2. Berkhasiat untuk kontrol tekanan darah

Spanish saffron banyak digunakan di Spanyol untuk membuat berbagai jenis hidangan sebagai bumbu atau rempah-rempah. Itulah sebabnya menurut sebuah penelitian, orang Spanyol memiliki daya tahan yang lebih baik terhadap tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

3. Memberikan ketenangan, mencegah stress dan depresi

Spanish saffron sangat terkenal karena khasiatnya dapat membantu menurunkan stress. Pada zaman dahulu, dokter menggunakan saffron untuk pasiennya yang terkena depresi.

saffron spanyol, spanish saffron, jenis saffron spanyol, rumah saffron

Selain 3 manfaat di atas masih banyak lagi khasiat yang bisa Anda dapatkan dari saffron. Anda bisa baca selengkapnya tentang manfaat saffron di artikel manfaat bunga saffron. Saffron berguna untuk melancarkan pencernaan, perawatan untuk gangguan ginjal, mengobati demam, perawatan untuk artritis, meningkatkan penglihatan, perawatan untuk masalah kulit, meningkatkan daya ingat, mengobati penyakit gusi, perawatan untuk sakit kepala dan batuk, dan yang lainnya.

Apakah Saffron Spanyol Kualitas Terbaik?

Ketika Anda membeli saffron kepada penjual dan bertanya tentang kualitas saffron mereka, sangat mungkin mereka akan menjawab, “Kami menjual saffron dengan kualitas terbaik!”

Nah, Anda sebagai konsumen mungkin jadi bertanya-tanya sebenarnya saffron apa yang paling baik. Seperti yang sudah diuraikan di atas, jenis saffron kualitas terbaik di Spanyol adalah coupe. Tapi untuk saffron terbaik di dunia tetaplah saffron Kashmir. Secara fisik bentuk saffron Kashmir agak berbeda dengan Saffron Iran dan Spanyol. Spanish saffron sangat mirip dengan saffron Iran, jadi perlu kehati-hatikan ketika memutuskan untuk membeli saffron Spanyol.

Bentuk putik saffron Kashmir panjang dan kepala putiknya tebal, serta warnanya merah gelap.

Apa Beda Saffron Iran dan Spanyol?

Saffron berkualitas tinggi yang diproduksi di Iran diekspor ke Spanyol dalam jumlah besar. Kemudian diproses ulang dan dicampur dengan saffron Spanyol (La Mancha) sebelum dikemas. Untuk selanjutnya diekspor kembali sebagai La Mancha atau Mancha Saffron dengan harga yang sangat tinggi ke seluruh penjuru dunia.

Secara fisik saffron Iran dan Spanyol tidak bisa dibedakan, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya karena adanya pencampuran atau pergantian label saja dari saffron Iran. Satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan Saffron Spanyol yang benar-benar original dari Spanyol adalah dengan meminta DOP (Denomination of Protected Origin) kepada penjual. Karena memang harganya sudah beda jauh.

Informasi selebihnya tentang saffron bisa langsung chat ke nomor 0857-7546-7224 atau klik disini untuk terhubung whatsapp. Menyediakan saffron 100% asli dan berkualitas, bukan abal-abal. Rumah Saffron selalu berusaha bertanggung jawab dan amanah untuk membantu teman-teman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib ditandai *