Cara Konsumsi Saffron yang Benar, Kapan Waktu yang Tepat dan Aturannya

Cara konsumsi saffron. Saffron menjadi salah satu herbal yang banyak dicari oleh masyarakat. Ya, herbal yang satu ini memang cukup terkenal sebagai pilihan obat tradisional dengan berbagai manfaat yang berbeda. Jangan salah, saffron dijuluki sebagai rempah dan herbal yang paling mahal karena harganya yang cukup fantastis dan mungkin akan membuat kamu kaget.

Sudah tahu apa itu saffron ya? Kalau belum bisa kamu baca lengkap di artikel kami tentang manfaat saffron untuk kesehatan dan penjelasan saffron terlengkap.

Namun, harga yang mahal tersebut sebanding dengan besarnya manfaat yang akan didapatkan pada pola konsumsi saffron yang teratur. Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang cara konsumsi saffron dan beragam manfaat yang bisa kamu dapatkan selepas konsumsi tersebut.

Penasaran? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

cara konsumsi saffron, cara minum saffron, rumah saffron
Cara Konsumsi Saffron

Bagaimana Cara Konsumsi Saffron Untuk Kesehatan

Saffron memang menjadi salah satu herbal yang cukup terkenal dengan beragam manfaat yang diperlukan. Dalam pembelian saffron, maka kamu akan mendapatkan saffron dalam bentuk helai yang siap digunakan dengan berbagai macam keperluan, terutama untuk menangani masalah kesehatan.

Nah, helai saffron tersebut nantinya akan diseduh sebelum digunakan. Dalam hal ini, ada aturan mengenai berapa banyak helai saffron yang diseduh dan bagaimana cara menyeduh saffron yang benar. Tentu, kamu harus mengetahui hal ini dengan baik.

Untuk proses penyeduhan saffron, maka kamu hanya perlu mengambil 3 hingga 5 helai saffron dan mencampurnya dengan 500 ml hingga 1-liter air. Nah, yang perlu diperhatikan di sini adalah jenis air yang digunakan. Untuk menyeduh saffron, sebaiknya kamu menggunakan air dengan suhu netral ataupun air hangat dan jangan menggunakan air panas (mendidih).

Air panas cenderung harus dihindari saat hendak menyeduh saffron. Hal ini sangat beralasan karena saffron yang diseduh dengan menggunakan air panas cenderung akan rusak. Nutrisi dan manfaat dari saffron tidak akan didapatkan dengan maksimal. Dalam sehari, kamu bisa mengkonsumsi 3 helai per proses seduh.

Lalu, bagaimana dengan proses penyeduhan saffron ini? Nah, untuk proses penyeduhan, kamu tidak perlu mencuci saffron. Langsung saja masukkan ke dalam gelas dan berikan air. Jika menggunakan air hangat, seduh saffron selama 15 menit dan 30 menit untuk air dengan suhu netral.

Jika proses seduh tersebut sudah usai, maka cara konsumsi saffron yang perlu dilakukan adalah tinggal meminumnya saja sebagaimana mengkonsumsi minuman biasa. Saffron dianjurkan untuk kamu konsumsi dengan batasan usia anak minimal 4 tahun. Untuk anak usia di bawah 4 tahun dan ibu hamil ada prosedur tersendiri untuk cara konsumsi saffron.

Jadi kesimpulan cara membuat air saffron untuk diminum adalah sebagai berikut:

  1. Ambil 3-5 helai saffron untuk sekitar 1 gelas 500 ml air
  2. Boleh air dingin atau hangat, hindari air panas karena dapat mengurangi bahkan menghilangkan khasiatnya
  3. Tunggu 10-30 menit sampai air mulai menguning
  4. Aduk air tersebut supaya kuningnya merata
  5. Setelah menguning baiknya segera diminum, maksimal disimpan 1 hari
cara konsumsi saffron, cara minum saffron, waktu terbaik minum saffron, rumah saffron
Cara Minum Saffron

Beberapa Aturan Minum Saffron yang Harus Diperhatikan

Di bawah ini adalah list pertanyaan yang sering ditanyakan orang yang baru konsumsi saffron. Jika kamu memiliki pertanyaan yang sama, baca sampai selesai ya. Supaya kamu juga dapat penjelasan.

Bolehkah Minum Saffron Dengan Air Panas?

Hindari menyeduh  saffron dengan air panas karena dapat mengurangi bahkan menghilangkan khasiatnya. Aturan seperti ini tidak hanya berlaku untuk saffron saja, kebanyakan herbal memang menganjurkan untuk tidak mencampur dengan air panas terutama air mendidih.

Menyeduh saffron bisa dengan menggunakan air hangat atau air dingin saja.

Bolehkah Air Saffron Diisi Ulang Atau Refill?

Sebaiknya ketika menyeduh saffron untuk pertama kali, putiknya ikut ditelan saja. Air saffron tidak bisa diisi ulang atau refill karena khasiat direndaman kedua sudah berkurang bahkan hilang.

Kapan Waktu Terbaik Minum Saffron?

Untuk mempercepat detox di dalam tubuh, bagus konsumsi saffron di waktu pagi sebelum sarapan atau malam hari sebelum tidur. Boleh juga sebagai bekal bekerja atau sekolah dengan menyeduh saffron di dalam botol 500ml – 1 liter air. Cukup sekali saja di waktu pagi, malam atau sebagai bekal untuk booster dan suplemen kesehatan.

Sedangkan untuk pengobatan saffron bisa diminum 2x sehari, pagi sebelum sarapan dan malam sebelum tidur. Setelah 1 bulan konsumsi saffron, bisa dihentikan dulu sementara selama 1 minggu untuk menetralisir tubuh kemudian baru dilanjutkan konsumsi lagi. Tapi kalau dibutuhkan untuk pengobatan bisa terus dilanjutkan minumnya.

Bolehkah Minum Saffron Sebelum Tidur?

Boleh. Sudah dijelaskan dibagian sebelumnya. Salah satu waktu terbaik minum saffron adalah sebelum tidur. Kamu bisa minum 1 gelas air saffron dengan 3-5 putik. Manfaat minum saffron sebelum tidur bisa menenangkan atau tidur lebih pulas juga.

Bolehkah Konsumsi Saffron dan Minum Obat dari Dokter?

Jika konsumsi obat dari dokter dianjurkan untuk tidak bersamaan dengan minum saffron. Tunggu minimal 3 jam setelah minum obat atau sebelum minum obat, karena jika bersamaan, saffron akan menetralisir khasiat obatnya.

Bagaimana Aturan Minum Saffron untuk Anak di Bawah 4 Tahun?

Cara minum saffron untuk anak usia di bawah 4 tahun cukup 1 gelas dalam seminggu ya.

Air Saffron Bertahan Berapa Lama?

Air hasil rendaman saffron sebaiknya langsung kamu konsumsi dalam waktu 24 jam. Walaupun disimpan di kulkas? Iya. Karena jika melebihi waktu tersebut khasiat saffron sudah berkurang bahkan hilang. Kamu bisa bikin rendaman baru untuk hari esok, dan yang hari ini harus kamu habiskan terlebih dahulu.

Kenapa Air Saffron Berubah Jadi Bening?

Biasanya ini terjadi kalau kamu menyimpan air saffron lebih dari 24 jam. Dan ini adalah proses alami yang terjadi pada saffron. Awal rendaman air saffron ketika sudah menguning rata sebaiknya segera kamu minum. Kalaupun tidak, ya simpan tidak lebih dari 24 jam. Karena air saffron bisa berubah menjadi bening jika disimpan lebih dari waktu tersebut.

Jadi nggak semua air saffron yang berubah menjadi bening adalah indikasi itu adalah saffron palsu. Malah sebaliknya, saffron palsu, saffron abal-abal atau saffron curah yang kualitasnya sudah tidak bagus, bahkan hilang. Jika direndam tidak akan mengeluarkan warna kuning keemasan dalam air.

Cara Minum Saffron Berapa Kali Sehari?

Aturan cara minum saffron berapa kali sehari tergantung kondisi dan hasil yang diinginkan ya teman-teman. Jika konsumsi saffron untuk menjaga kesehatan atau suplemen, sehari sekali sudah cukup. Kalau untuk membantu pengobatan penyakit seperti hipertensi, diabetes, parkinson, stroke, alzheimer dan yang lainnya bisa konsumsi 2-3 kali sehari.

Untuk balita di bawah 4 tahun dan ibu hamil ada aturan yang berbeda ya, di bagian atas sudah dijelaskan.

Apakah Saffron Bisa Kadaluarsa?

Bisa. Setiap jenis saffron memiliki masa kadaluarsa berbeda-beda. Untuk saffron iran baik digunakan sebelum 2 tahun.

cara konsumsi saffron, cara minum saffron, waktu terbaik minum saffron
Cara Minum Saffron

Apakah Saffron Boleh Dimakan ?

Saffron boleh dimakan. Setiap kamu seduh air saffron, putiknya bisa langsung ikut ditelan. Sayang banget kalau dibuang. Kalau direfill khasiatnya juga sudah berkurang bahkan hilang. Jadi sebaiknya putik saffron dimakan.

Manfaat Konsumsi Saffron Secara Teratur

Hal lain setelah cara konsumsi saffron yang perlu diketahui adalah manfaat dari saffron itu sendiri. Ya, manfaat dari saffron mutlak harus diketahui dengan tujuan sebagai alasan kenapa kamu perlu mengkonsumsi bahan herbal yang satu ini.

Nah, ada beberapa manfaat dari saffron yang perlu kamu perhatikan kaitannya dengan cara konsumsi saffron dan kesehatan harian. Beberapa manfaat yang dimaksud adalah sebagai berikut. Lebih lengkapnya bisa kamu baca di artikel kami yang lain tentang manfaat saffron.

1. Anti Tumor dan Kanker

Salah satu manfaat terbesar dari saffron adalah sebagai herbal anti-tumor dan kanker. Sebagaimana diketahui bahwa kedua gangguan kesehatan tersebut adalah masalah kesehatan terbesar yang memberikan dampak sangat buruk. Nah, saffron memiliki zat yang akan mencegah pertumbuhan sel tumor dan kanker.

2. Kaya Antioksidan

Dalam saffron terdapat kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Ini adalah salah satu kandungan terbaik pada saffron di mana akan menangkal radikal bebas. Zat inilah yang akan meningkatkan metabolisme tubuh secara umum sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat dan tidak gampang terkena gangguan kesehatan.

3. Meningkatkan Kinerja Otak

Manfaat lain dari saffron adalah bahan alami ini bisa meningkatkan kinerja otak secara lebih maksimal. Nah, zat yang terkandung dalam saffron ini bisa menutrisi otak secara baik dan sangat bisa diandalkan untuk membantu penanganan penderita Alzheimer dan Parkinson.

4. Mengatasi Depresi

Untuk kamu yang memiliki kesibukan luar biasa dan pikiran yang banyak hingga berpotensi depresi, maka saffron adalah salah satu solusi yang bisa digunakan. Bahan alami yang satu ini bisa memberikan manfaat sebagai anti depresi di mana secara berkelanjutan akan memperbaiki mood setelah mengkonsumsi.

manfaat saffron untuk kesehatan, manfaat saffron, saffron viagra alami, rumah saffron
Manfaat Saffron Untuk Kesehatan

Cara Memilih Saffron Untuk Kesehatan

Percuma jika kamu sudah menerapkan cara konsumsi saffron yang benar tapi tidak mendapatkan manfaatnya. Kok bisa? Iya bisa. Karena saffron yang kamu konsumsi bukan saffron dengan kualitas bagus untuk kesehatan.

Akhir-akhir ini banyak sekali saffron abal-abal atau saffron curah yang dijual. Sekarang sudah bukan lagi jamannya membahas ciri saffron asli dan saffron palsu. Tapi saffron yang kualitasnya sudah menurun banyak bahkan hilang. Kami menyebutnya saffron curah.

Saffron ini banyak dijual dengan harga yang tidak wajar untuk barang import. Harganya sangat murah. Karena sudah lama tidak laku, sebelum mendekati habis masa simpannya, saffron-saffron ini dijual dengan harga sangat murah.

Di negara-negara penghasil saffron, seperti Iran sebagai negara penghasil terbesar juga melakukan trik seperti ini. Pengepul saffron akan menjual dengan harga sangat murah untuk saffron-saffronnya yang sudah terlalu lama tersimpan. Dan penjual Indonesia adalah target empuk bagi mereka.

Kamu harus ekstra hati-hati ketika membeli saffron. Beli ditempat yang terpercaya. Beli ditempat yang sudah jelas alamatnya dimana. Penjual yang siap menjelaskan pertanyaan-pertanyaan kamu tentang saffron sebelum membeli.

Salah satu ciri penjual saffron curah, dia tidak mau diribetkan dengan pertanyaan-pertanyaan calon pembeli. Si penjual tersebut akan menjawab seadanya tanpa mau menjelaskan lebih detail agar calon pembeli lebih paham.

Kesimpulan

Demikian beberapa hal terkait cara konsumsi saffron serta ragam manfaat yang akan kamu dapatkan. Sekarang, kamu bisa mencoba memulai konsumsi saffron dan melakukannya dengan teratur sehingga seluruh manfaat terbaik dari saffron bisa kamu dapatkan. Semoga bermanfaat.

Pastikan beli Saffron yang berkualitas untuk mendapatkan manfaatnya. Pilihlah yang terbaik. Info jual saffron atau konsultasi selengkapnya tentang saffron asli dan berkualitas bisa hubungi 0857-7546-7224 atau klik disini langsung terhubung whatsapp. Insya Allah amanah, terpercaya, rekomended dan bergaransi.

Rumah saffron menyediakan 100% saffron asli dan berkualitas.

17 Comments

    1. Kualitasnya berkurang bahkan hilang kak, seperti herbal-herbal yang lain juga memiliki aturan minum tidak dengan air panas

  1. Kalau kita isi ke dalam botol minuman apakah boleh air diisi ulang terus sementara masih ada saffronnya sehingga bisa diminum berulang2 selama sehari

    1. Sebaiknya putik saffronnya ikut ditelan ya kak. Walaupun rendaman kedua dan setelahnya masih bisa menguning, tapi khasiatnya sudah berkurang bahkan hilang.

    1. Sebaiknya putiknya ikut langsung ditelan ya kak, walaupun rendaman kedua masih bisa kuning tapi khasiatnya sudah berkurang bahkan hilang

  2. Komsumsinya berapa kali dalam seminggu ya kak? Apakah disesuaikan dengan berat badan, berapa helai harus diminum? Atau sama rata 3-5 helai untuk setiap orang?

    1. Konsumsi rutin setiap hari ya kak, 3-5 helai untuk 500 ml-1 lt air, kalau satu gelas cukup 2-3 helai aja. Maksimal setiap orang 10 helai sehari ya…

  3. Saya kan masih minum obat dokter dengan keluhan axiety atau kecemasan..bolehkah di jeda dengan minum safron?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Kolom yang wajib ditandai *