36 Manfaat Saffron yang Wajib Kamu Tahu dan Penjelasan Saffron Terlengkap

36 Manfaat Saffron yang Wajib Kamu Tahu dan Penjelasan Saffron Terlengkap

Sudahkan kamu tahu apa itu dan manfaat saffron? Di dalam artikel ini kami sajikan lengkap hal-hal yang bisa menjadi jawaban dari semua pertanyaan-pertanyaan kamu tentang saffron. Melihat saffron kini sudah banyak tersebar di Indonesia agar kamu bisa lebih mengenalnya dan tidak tertipu dengan omongan orang lain.

Pentingnya membaca dan mencari informasi lebih dulu adalah langkah awal yang sangat bagus. Karena saffron termasuk barang asing yang harus kamu pahami terlebih dahulu. Begitu kamu selesai membaca artikel ini, kamu akan tahu apa itu bunga saffron, saffron, manfaatnya, cara memilih saffron, efek samping dan cara konsumsinya.

manfaat bunga saffron, gambar bunga saffron, asal bunga saffron, manfaat saffron

Daftar Isi:

Bunga Saffron Penghasil Saffron

Bunga saffron bahasa latinnya adalah Crocus Sativus, atau orang Melayu menyebutnya “Bunga Kuma-Kuma”. Bunga ini yang nantinya akan menghasilkan saffron untuk kita konsumsi. Bunga ini tidak bisa tumbuh di Indonesia. Walaupun ternyata banyak masyarakat kita yang mencoba untuk membudidayakannya, tapi hasilnya tetap tidak bisa berkembang. Karena memang di sini bukan tempatnya.

Bunga saffron hanya panen satu kali dalam setahun saat musim gugur. Bunga saffron tumbuh subur di iklim seperti dengan Mediterania, yang memiliki angin musim panas yang berhembus melewati tanah semi kering atau kering. Tapi bunga saffron juga bisa bertahan terhadap musim dingin yang membeku.

1. Bentuk Bunga Saffron

Bunga saffron seperti bentuk bunga pada umumnya. Memiliki kelopak mahkota dan putik bunga. Mahkotanya berwarna ungu cantik dan putiknya merah. Dalam setiap bunga hanya ada 3-4 putik saja.

Pangkal dari tanaman ini berbentuk seperti bawang. Berdiameter 45mm dan diselimuti oleh serat dibagian luarnya yang saling bersilangan. Setelah melewati musim panas, dari pangkal itu akan tumbuh daun hijau ramping ke atas sekitar 5-11 helai. Panjang daun itu bisa mencapai 40-an cm.

Baru ketika memasuki musim gugur, keluarlah kuncup bunga saffron yang berwarna ungu. Kemudian di sekitar bulan Oktober tanaman ini baru berbunga. Warna bunga mulai dari ungu terang sampai ungu yang bernuansa ke merah jambuan.

Tinggi bunga saffron ini rata-rata 30 cm ketika sudah mulai berbunga. Begitu bermekaran, keluar dari dalamnya 3 tangkai stigma atau putik berwarna merah. Dengan panjang sekitar 25-30mm.

2. Asal Bunga Saffron

Bunga saffron berasal dari Asia Barat Daya. Tapi bunga ini banyak ditanam di wilayah dataran Mediterania hingga ke timur wilayah Kashmir. Kashmir menjadi wilayah paling ideal untuk membudidayakan bunga ini. Wilayah beriklim basah dengan rata-rata curah hujan per tahunnya 1.000-1.500 mm.

Sehingga Kashmir-pun dikenal sebagai penghasil saffron kualitas terbaik tapi jumlahnya terbatas. Walaupun begitu ternyata Iran yang menjadi negara pembudidaya bunga saffron terbanyak di dunia.

Apa Itu Saffron? Saffron Adalah

Saffron adalah salah satu jenis herbal atau rempah yang berasal dari putik bunga saffron (Crocus Sativus). Herbal yang saat ini begitu banyak digandrungi masyarakat Indonesia. Saat ini, saffron menjadi herbal dengan harga tertinggi di dunia, karena manfaat saffron ini yang sangat banyak. Asalkan saffron asli dan berkualitas ya. Bukan saffron curah atau yang sudah downgrade. Nanti untuk masalah ini akan kami perjelas di bagian bawah.

Saffron rasanya cukup khas yaitu sedikit pahit (belum diseduh air) dan aromanya seperti iodoform atau rumput kering. Walaupun warna bunganya ungu dan putiknya kemerahan, jika saffron digunakan sebagai penyedap di dalam masakan atau diseduh dengan air, maka akan membuat masakan atau air tersebut menjadi berwarna kuning keemasan.

jual saffron, jual saffron kashmir, rumah saffron, saffron asli
Saffron Kashmir Asli

Kandungan Dalam Saffron

Dalam seutas putik saffron banyak sekali mengandung bahan-bahan atau zat-zat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Saffron terdapat kandungan karotenoid yang membentuk 10% dari massa satu benang saffron. Selain itu, dalam satu benang saffron tersebut masih ada sekitar 300 bahan yang terkandung di dalamnya.

Beragam senyawa yang terkandung di dalam saffron sangat berperan untuk menghasilkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti antioksidan. Warna merah pada putik saffron dihasilkan dari senyawa crocin dan crocetin. Kemudian ada safranal yang berfungsi memberikan aroma pada saffron.

Saffron Menurut Dokter

Sudah banyak sekali dokter yang membahas tentang manfaat saffron. Baik dokter di Indonesia maupun luar negeri. Para dokter ikut menyarankan konsumsi saffron karena manfaatnya yang sangat banyak untuk kesehatan. Mereka juga mengingatkan untuk konsumsi saffron yang asli dan berkualitas demi memperoleh khasiatnya.

Banyak penelitian juga yang diprakarsai oleh beberapa dokter terkait manfaat saffron ini. Salah satunya adalah dr. Marsa Nadhira yang pernah melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa salah satu manfaat saffron dapat menghambat tumbuhnya sel kanker dalam usus.

Berapa Harga Saffron?

Harga saffron sangat bervariatif ya teman-teman. Tergantung kualitas dan jenisnya. Sebagai patokan harga standar saffron yang dijual di Indonesia adalah berkisar antara 200 – 300 ribuan per gram. Harga di bawah 100 ribuan adalah harga tidak wajar. Ini adalah barang import.

Harga tertinggi adalah harga saffron kashmir. Rata-rata dijual di angka 300 ribuan per gram di Indonesia. Dengan harga segitu kamu sudah bisa mendapatkan saffron dengan kualitas terbaik di dunia.

Saffron Herbal Termahal di Dunia

Sebelumnya telah disebutkan bahwa saffron memiliki harga yang sangat tinggi dan menjadi rempah atau herbal dengan harga paling mahal. Biasanya rempah yang digunakan sehari hari terbilang sangat murah seperti bawang merah, bawang putih, lada, merica dan lain-lain. Begitu juga dengan kebanyakan herbal di Indonesia.

Tetapi harga saffron bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta. Mengapa harganya bisa sangat mahal? Tidak salah jika saffron menjadi herbal termahal di dunia. Hal ini karena manfaat saffron yang sangat banyak dan sulitnya proses penanaman, perawatan serta pemanenan bunga saffron. Selain itu tidak semua tempat bisa ditanami bunga ini. Bunga saffron juga hanya mekar selama seminggu saat musim gugur.

Dalam satu bunga hanya menghasilkan 3-4 putik saja. Perawatannya butuh sekitar 6 jam sehari untuk mengurusnya. Pekerjaan ini dimulai dari subuh sebelum matahari terbit untuk memetik bunganya.

Setelah itu, petani harus mengambil putiknya dengan tangan tanpa bantuan mesin. Baru kemudian dikeringkan untuk dimanfaatkan sebagai herbal atau rempah. Untuk mendapatkan sekitar 450 gr saffron dibutuhkan 75.000 tangkai bunga saffron. Bisa kamu bayangkan betapa lelahnya memanen 1 kg bunga saffron. Belum lagi dengan perawatannya yang tidak mudah.

Membutuhkan usaha yang cukup besar untuk memanen bunga ini. Dan semua pekerjaan tersebut harus dilakukan secara manual. Jika cuaca dan musim tidak mendukung, maka lebih parah lagi, petani bisa gagal panen.

Di Indonesia sendiri hingga kini belum ada perkebunan besar yang khusus untuk memproduksi bunga saffron. Untuk mendapatkannya kamu harus impor dari luar negeri. Atau cari importir di Indonesia yang memang benar-benar amanah dan bertanggung jawab dengan saffron yang dijualnya apakah asli dan berkualitas.

Manfaat Saffron Untuk Wajah

Di bagian ini kita akan membahas manfaat saffron untuk wajah. Ternyata saffron tidak hanya berkhasiat untuk kesehatan tubuh saja. Tetapi juga seputar kulit wajah. Masalah-masalah yang sering kita temui terkait wajah adalah jerawat dan penuaan dini. Berikut pembahasannya:

saffron untuk kecantikan, manfaat saffron untuk kecantikan, manfaat saffron, manfaat bunga saffron
Manfaat Saffron Untuk Kecantikan

1. Manfaat Saffron Untuk Kecantikan

Saffron juga bermanfaat untuk kecantikan. Selain dapat menunda penuaan dini, juga dapat mengembalikan kehalusan kulit, mencerahkannya, mengurangi kerutan di wajah, serta menghilangkan jerawat dan mencegahnya untuk muncul lagi.

2. Manfaat Saffron Untuk Jerawat

Saffron kaya akan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kulit wajah. Antioksidan saffron ternyata sangat berkhasiat dalam mengobati kulit wajah yang berjerawatan ataupun mencegahnya.

Manfaat Saffron Untuk Kesehatan

Saffron memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Sangat cocok untuk kita konsumsi setiap hari. Karena fungsinya bukan hanya untuk mengobati tapi juga mencegah. Meningkatkan daya tahan tubuh supaya tidak mudah terkena penyakit. Menjaga organ-organ tubuh kita agar tetap sehat. Berikut manfaat-manfaat yang dapat kita peroleh dengan konsumsi saffron:

1. Manfaat Saffron Untuk Promil

2. Manfaat Saffron Untuk Asam Lambung

Pada tahun 2016 lalu dilakukan sebuah penelitian yang menunjukkan aktivitas farmakologi saffron. Hasil penelitian tersebut mengatakan bahwa saffron memiliki berbagai efek biologis kepada tubuh. Seperti memperkuat lambung, mengurangi nafsu makan, melancarkan pencernaan dan mengurangi asam lambung.

manfaat saffron untuk diet, rumah saffron, manfaat saffron
Manfaat Saffron Untuk Diet

3. Manfaat Saffron Untuk Diet

Saffron juga berkhasiat untuk mengendalikan nafsu makan yang berlebihan. Beberapa zat yang terkandung di dalam saffron dapat mengurangi produksi hormon leptin dan ghrelin yang menyebabkan timbulnya rasa lapar. Sehingga dapat membantu diet atau mengurangi berat badan.

4. Manfaat Saffron Untuk Ginjal

Studi klinis akhir-akhir ini menunjukkan bahwa saffron memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan. Saffron dapat bertindak sebagai diuretik, membersihkan kandung kemih dan ginjal. Selain itu, saffron juga memiliki manfaat yang signifikan dalam menyembuhkan infeksi saluran kemih dan memudahkan batu ginjal keluar.

5. Manfaat Saffron Untuk Alzheimer

6. Manfaat Saffron Untuk Parkinson

7. Manfaat Saffron Untuk Antioksidan

Saffron kaya akan antioksidan yang juga berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Meningkatkan kekebalan tubuh kita sehingga tidak mudah terkena penyakit. Membantu penyembuhan penyakit juga. Jadi tubuh kita sangat membutuhkan antioksidan ini, yang juga terdapat dalam saffron.

8. Manfaat Saffron Untuk Rambut

9. Manfaat Saffron Untuk Asam Urat

10. Manfaat Saffron Untuk Darah Tinggi

11. Manfaat Saffron Untuk Kanker

Banyak kandungan yang baik untuk tubuh dalam saffron. Salah satu kandungannya adalah karsinogenik atau zat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor. Penyakit kanker bisa muncul ke siapapun. Dengan konsumsi saffron kita bisa mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh kita. Dan juga berfungsi untuk membantu pengobatannya.

Tidak cukup sampai disitu, ternyata antioksidan utama pada herbal saffron dapat membuat sel kanker lebih sensitif terhadap obat kemoterapi.

12. Manfaat Saffron Untuk Kista / Miom

13. Manfaat Saffron Untuk Kesuburan Pria dan Wanita

14. Manfaat Saffron Untuk Viagra Alami

Berfungsi sebagai viagra alami yang berkhasiat meningkatkan stamina pria dewasa. Saffron juga berkhasiat sebagai afrodisiak yang akan membuat pria lebih bersemangat di atas ranjang, karena dapat meningkatkan libido dan fungsi ereksi pada pria. Sementara pada wanita berfungsi untuk meningkatkan hasrat seksual saat berhubungan dengan pasangan.

15. Manfaat Saffron Untuk Depresi

Depresi dapat mengancam kesehatan mental. Saffron mengandung safranal dan crocin yang berkhasiat dapat menstabilkan beberapa hormon di dalam tubuh. Salah satunya adalah hormon dopamin yang dapat mengendalikan emosi seseorang dan meningkatkan mood. Dengan kata lain, saffron juga bisa digunakan sebagai relaksan untuk meredakan stress dan kecemasan.

16. Manfaat Saffron Untuk Jantung

Saffron memiliki kandungan yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan efek negatif yang ditimbulkan akibat radikal bebas. Dan pemicu munculnya penyakit seperti jantung adalah disebabkan karena efek dari radikal bebas ini.

Dengan mengkonsumsi saffron secara rutin dapat berfungsi untuk membantu pengobatan dan pencegahan terkena penyakit jantung.

17. Manfaat Saffron Untuk Mata

18. Manfaat Saffron Untuk Insomnia

19. Manfaat Saffron Untuk Paru-Paru

20. Manfaat Saffron Untuk Batuk

21. Manfaat Saffron Untuk Kolesterol

22. Manfaat Saffron Untuk Diabetes

Saffron sangat baik untuk yang menderita diabetes. Dengan mengkonsumsi saffron, berkhasiat untuk menurunkan gula darah di tubuh dengan cepat. Karena saffron berfungsi mengontrol kadar gula darah.

23. Manfaat Saffron Untuk Stroke

24. Manfaat Saffron Untuk Melancarkan Haid

manfaat saffron pereda nyeri haid, manfaat saffron, manfaat bunga saffron, 25 manfaat saffron, rumah saffron
Manfaat Saffron Pereda Nyeri Haid

25. Manfaat Saffron Untuk Nyeri Haid

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi saffron dapat mengatasi rasa nyeri serta inflamasi yang terjadi pada wanita. Khasiat ini juga bisa didapat hanya dengan menghirup aroma saffron selama 20 menit.

26. Manfaat Saffron Untuk Saraf

27. Manfaat Saffron Untuk Pencernaan

28. Manfaat Saffron Untuk Daya Tahan Tubuh

29. Manfaat Saffron Untuk Lansia

30. Manfaat Saffron Untuk Ambeien

31. Manfaat Saffron Untuk Tulang

Manfaat Saffron Untuk Wanita

Beberapa manfaat saffron untuk wanita sudah kami jelaskan di bagian atas. Beberapa manfaat saffron yang berkaitan dengan kewanitaan adalah:

  • Membantu mengurangi rasa nyeri ketika haid
  • Melancarkan haid
  • Membantu mengatasi masalah pada kulit wanita, seperti jerawat, penuaan dini, dan lainnya.
  • Meningkatkan kesuburan wanita
  • Menyehatkan rahim

Anjuran untuk mengkonsumsi saffron masih kurang di masyarakat Indonesia. Padahal banyak sekali manfaat saffron untuk kamu para wanita-wanita Indonesia yang sering kali bingung mencari solusi untuk permasalah yang sudah disebutkan di atas.

Manfaat Saffron Untuk Masakan

Salah satu manfaat saffron yang terkenal adalah sebagai rempah. Rasanya yang khas biasa digunakan untuk rempah dalam pembuatan nasi biryani India dan paella ala Spanyol. Maka jika kamu membeli nasi biryani atau paella biasanya harganya akan sangat mahal, karena bahannya adalah bahan-bahan yang cukup sulit dicari dan harganya tinggi.

Saffron termasuk rempah paling mahal di dunia. Apa yang membuatnya menjadi rempah termahal di dunia? Kamu tahu kan, rempah di pasar harganya murah bukan? Dan kenapa saffron bisa menjadi rempah paling mahal di dunia? (Sudah dibahas di bagian atas ya). Iya karena yang diambil hanya putik bunganya saja, sedangkan di setiap bunga saffron hanya memiliki 3-4 putik.

Rempah ini termasuk langka di Indonesia, namun khasiatnya sangat luar biasa. Karena untuk mencari yang benar-benar asli dan berkualitas di sini susah. Tapi kalau hanya untuk rempah penyedap atau pewarna makanan nggak perlu cari yang tinggi-tinggi kualitasnya.

Banyak masakan khas negara India dan Iran yang membutuhkan bumbu saffron. Dan karena itu dua negara ini menjadi penghasil saffron terbanyak. Mereka bertani bunga saffron dan memproduksi saffron dalam jumlah besar. Berikut manfaat-manfaat saffron sebagai rempah makanan:

manfaat saffron untuk masakan, manfaat saffron, nasi biryani

1. Saffron Pewarna Alami Makanan

Saffron sangat terkenal sebagai bahan makanan dan bumbu penyedap. Saffron memberikan warna kuning pada makanan sehingga juga sering digunakan sebagai bahan pewarna alami bagi makanan. Salah satu fungsi saffron sebagai penyedap seringkali dilihat pada penggunaannya pada nasi biryani. Karena itu saffron menjadi sangat populer di daerah Asia.

2. Saffron Rempah Penyedap Makanan

Penggunaan saffron juga cukup populer di daerah Eropa, seperti negara Yunani dan Spanyol. Selain nasi Biryani, kamu juga akan menemukan saffron di masakan Paella. Paella adalah nasi yang dihidangkan dengan makanan laut, masakan khas negara Spanyol. Makanan ini memiliki aroma yang kuat dan legit dari rempah saffron.

Manfaat saffron memang sangatlah banyak, selain menambah cita rasa makanan dan pewarna alami makanan dengan warna kuning. Saffron sangat bagus digunakan untuk pola hidup sehat dan obat alami.

manfaat saffron untuk penyedap makanan, manfaat saffron, rumah saffron

Manfaat Saffron Menurut dr Zaidul Akbar

Manfaat Saffron Untuk Parfum

Ada lagi manfaat saffron yang lainnya. Karena saffron memiliki aroma yang khas dan unik. Saffron juga bisa dijadikan parfum. Produksi saffron menjadi parfum cukup populer di kalangan masyarakat timur tengah. Saffron dipercaya dapat memberikan ketenangan dan relaksasi bagi yang menghirup wanginya.

Jenis Saffron: Beberapa Jenis Saffron yang Ada

Ada beberapa jenis saffron yang tersebar dan mungkin kamu sudah pernah konsumsi salah satunya. Setiap jenis saffron memiliki spesifikasi dan ciri yang sedikit berbeda. Dari segi kualitas serta bentuk putiknya.

Sebagaimana beras yang sudah biasa kita konsumsi setiap hari. Walaupun sama-sama beras, ternyata banyak jenis dan macamnya. Lebih bagus jenisnya maka semakin banyak manfaatnya dan semakin tinggi harganya.

1. Saffron Kashmir

Jenis saffron yang pertama adalah saffron kashmir. Saffron terbaik di dunia yang berasal dari Kashmir. Secara iklim di Kashmir adalah kondisi yang paling ideal untuk budidaya saffron. Sehingga negara ini bisa menghasilkan jenis saffron yang paling bagus.

2. Saffron Iran

Jenis saffron yang kedua adalah saffron iran. Saffron di Iran masih memiliki beberapa jenis lagi berdasarkan hasil saffron yang dipanen. Jenis yang paling bagus dari Iran adalah saffron finest gold. Kemudian grade setelahnya ada saffron super negin, red gold atau sarghol, poushal dan yang paling rendah ada bunch.

3. Saffron Turki

Turki juga merupakan negara penghasil saffron. Di Turki saffron digunakan dalam berbagai produk makanan seperti Zerde. Selain itu penggunaan saffron di Turki juga sangat populer sebagai salah satu bahan kosmetik-kosmetik premium di sana.

4. Saffron Afghanistan

Afghanistan menduduki peringkat ketiga di dunia dalam produksi saffron. Sebelumnya Afghanistan sangat dikenal di seluruh dunia sebagai produsen obat-obatan. Tapi dalam beberapa tahun terakhir petani lokal beralih ke budidaya saffron yang jauh lebih menguntungkan.

5. Saffron Spanyol

Jenis saffron yang kelima adalah saffron spanyol. Spanyol juga merupakan negara penghasil saffron. Tapi jumlahnya sangat sedikit sekali. Karena banyak makanan di negara ini yang membutuhkan saffron sebagai bahan utamanya, Spanyol banyak mendatangkan saffron dari Iran. Salah satu alasannya juga karena biaya petani saffron di Spanyol sangatlah tinggi.

Kalau kamu minat untuk mencoba jenis saffron spanyol. Kamu harus sangat teliti. Harga saffron jenis ini tentunya sangat tinggi, karena biaya produksi disana mahal. Dan ternyata kebanyakan saffron spanyol yang banyak beredar di Indonesia adalah repacking dari Iran.

Membedakan Saffron Kashmir dan Iran

Dua jenis saffron yang paling populer adalah saffron kashmir dan iran. Banyak masyarakat yang sering bingung untuk memilih di antara salah satunya. Ada beberapa ciri yang bisa kamu jadikan patokan untuk membedakannya. Dari segi warna, bau dan bentuk putiknya.

Secara kualitas tetap saffron kashmir yang unggul dibandingkan saffron iran. Nantinya kualitas sangat menentukan manfaat saffron yang akan kamu dapatkan. Jadi sangat penting untuk memastikan kualitas saffron yang akan kamu konsumsi.

cara konsumsi saffron, waktu terbaik minum saffron, rumah saffron
Cara Konsumsi Saffron

Membedakan Saffron Asli dan Palsu

Ini adalah bagian yang paling menarik. Sekarang banyak sekali oknum yang memalsukan saffron. Karena harga saffron yang begitu tinggi bagi masyarakat Indonesia, akhirnya mereka memalsukan saffron dan menjualnya dengan harga yang sangat tidak wajar.

Saffron adalah barang import. Tentu harganya juga tinggi. Ada kasus baru lagi yang sekarang sudah banyak beredar di Indonesia. Kita bisa mengistilahkannya saffron curah. Saffron yang sudah lama tersimpan karena tidak kunjung laku-laku. Akhirnya dijual dengan harga yang sangat rendah.

Secara kualitas sudah tidak masuk. Jadi jangan harap kamu bisa merasakan manfaat saffron jika mengkonsumsi jenis seperti ini. Saffron curah cocok untuk jadi bumbu masakan yang tidak membutuhkan jenis saffron dengan kualitas tinggi.

Cara Minum Saffron

Bagaimana sih cara minum saffron? Untuk mendapatkan manfaat saffron kamu bisa konsumsi air seduhan saffron rutin setiap hari. Konsumsi saffron tidak harus menunggu sakit. Manfaat saffron juga untuk mencegah terkena penyakit.

Saffron sangat bagus sekali dan recommended untuk menjaga kesehatan tubuh yang semakin hari semakin tua umurnya. Kamu bisa seduh saffron dengan air hangat atau air dingin. Diamkan beberapa menit hingga airnya menguning secara keseluruhan baru diminum.

Menyimpan Saffron yang Benar

Hal penting yang harus kamu ketahui adalah cara menyimpan saffron yang benar. Cara penyimpanan saffron yang salah bisa mengurangi kualitasnya. Bahkan karena salah simpan saffron bisa berjamur dengan cepat.

Simpan saffron di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Boleh disimpan di laci atau tempat tertutup lainnya.

Merk Saffron Asli

Ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh mereka yang sedang mencari saffron. Apasih kak merk saffron yang asli? Karena banyak kekhawatiran masyarakat dengan banyak bertebarnya saffron palsu dan saffron curah saat ini.

Kami tidak bisa menyebut merk-merk saffron mana yang jual saffron palsu atau asli secara langsung. Tapi kami ada banyak sekali pengalaman konsumen yang curhat dan konsultasi berkaitan dengan saffron yang sudah dibelinya, sehingga kami tahu. Oh, ternyata dia jual saffron palsu. Oh ternyata dia jual saffron abal-abal. Dan mayoritas dari mereka dapat dari marketplace.

Jika kamu ragu ketika ingin membeli saffron. Belilah di tempat terpercaya. Salah satu ciri yang bisa kamu lihat adalah kejelasan tokonya. Alamatnya dimana? Bisa ditelpon atau dihubungi untuk konsultasi? Testimoni-testimoni asli pengguna yang sudah beli di tempat dia, bukan testimoni colongan dari tempat lain.

Efek Samping Saffron

Manfaat saffron sangat banyak dan kandungannya tinggi serta sangat baik untuk tubuh, saffron juga bisa memiliki efek samping bagi sebagian orang. Meskipun secara umum cukup aman bagi tubuh, namun beberapa orang dapat mengalami efek samping penggunaan saffron antara lain mulut kering, pusing, mual, sakit kepala, dan reaksi alergi. Dalam dosis standar konsumsi, tampaknya saffron tidak memiliki efek buruk.

Untuk ibu hamil yang ingin mengkonsumsi saffron disarankan pada trimester kedua dan seterusnya, dengan catatan sesuai anjuran. Dan terlebih dahulu konsultasikan dengan dokter kandungan.

Jadi pada dasarnya, saffron bersifat aman untuk dikonsumsi tubuh dengan sedikit bahkan tanpa efek samping, jika dikonsumsi dalam dosis aman dan tidak terlalu berlebihan. Beberapa efek samping saffron karena terlalu konsumsi berlebihan:

1. Minum saffron pusing

Saffron mengandung beberapa zat seperti safranal dan crocin yang berfungsi sebagai relaksan dan menenangkan, maka jika konsumsi terlalu berlebihan dapat menyebabkan pusing pada semua orang.

2. Kontraksi

Saffron berfungsi untuk memperlancar peredaran darah pada tubuh, maka dari itu saffron tidak dianjurkan untuk ibu hamil di bawah 6 bulan, karena dapat menyebabkan kontraksi.

3. Alergi

Semua orang yang memiliki riwayat alergi terhadap minyak zaitun atau tanaman olea, sasola dan lolium beresiko juga akan alergi saat mengkonsumsi saffron.

4. Sering buang air kecil atau air besar

Untuk orang yang baru pertama kali konsumsi saffron biasanya akan ada reaksi detox pada tubuhnya. Salah satunya adalah sering buang air kecil atau air besar.

Testimoni Minum Saffron

Banyak yang sudah merasakan manfaat saffron lo teman-teman. Akan kami cantumkan banyak bukti testimoninya di halaman lain ya. Testimoni nyata bukan buatan. Kamu bisa menanyakan kevalidan testimoni-testimoni tersebut dengan menghubungi kami.

Mereka sudah membuktikan ternyata saffron memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Kesimpulan

Untuk merasakan semua manfaat saffron di atas kamu harus sedikit berusaha untuk mendapatkan saffron asli dengan kualitas yang bagus. Rutin konsumsi setiap hari. Dan simpan di tempat yang tertutup, tidak terkena langsung sinar matahari langsung agar kualitasnya terjaga.

Demikian penjelasan tentang Saffron, kalau ada yang kurang atau tulisan yang salah bisa tulis di komentar yaa. Semoga bisa dipahami.

Ingin Beli Saffron?

Dapatkan saffron asli 100% dan pastinya berkualitas di Rumah Saffron. Dengan semakin banyak beredarnya saffron palsu dan saffron abal-abal Rumah Saffron menghadirkan Saffron Kashmir dan Iran Finest Gold yang sangat menjamin kualitasnya, klik di sini untuk langsung terhubung whatsapp.

Tentang Penulis

rumahsaffron.com adalah web pelopor saffron no.1 di Indonesia. Rumah saffron menyediakan saffron asli Kashmir & Iran Super Negin dengan kualitas terbaik bukan oplosan.

Terpercaya - Bergaransi - Best Quality

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!