Ini Kandungan Dalam Saffron yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Dan Kamu Wajib Tahu

Terdapat kandungan dalam saffron berupa karotenoid yang membentuk 10% dari massa benang saffron. Selain itu, ada sekitar 300 bahan yang terkandung dalam seutas saffron. Oleh karena itu,  herbal ini dinilai sangat berharga karena bahan yang terkandung bermanfaat untuk kesehatan. Saffron berasal dari Eropa Selatan yang saat ini dibudidayakan di seluruh dunia.

kandungan dalam saffron, kandungan nutrisi dalam saffron, kandungan zat dalam saffron, kandungan pada saffron, rumah saffron, manfaat bunga saffron
Kandungan Dalam Saffron

Kandungan dalam Saffron

Saffron mengandung beragam senyawa tanaman yang bertindak sebagai antioksidan, molekul yang melindungi sel kamu dari radikal bebas dan stres oksidatif. Antioksidan safron yang terkenal termasuk crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol.

1. Crocin dan crocetin

Crocin dan crocetin adalah pigmen karotenoid dan bertanggung jawab atas warna merah saffron. Kedua senyawa tersebut mungkin memiliki sifat antidepresan, melindungi sel-sel otak dari kerusakan progresif, meningkatkan peradangan , mengurangi nafsu makan, dan membantu penurunan berat badan.

2. Safranal

Safranal memberi saffron rasa dan aroma yang berbeda. Penelitian menunjukkan bahwa itu dapat membantu meningkatkan suasana hati, memori, dan kemampuan belajar kamu, serta melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif.

3. Kaempferol

Terakhir, kaempferol ditemukan di kelopak bunga saffron. Senyawa ini telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan, seperti mengurangi peradangan, sifat anti kanker, dan aktivitas antidepresan.

Manfaat Saffron untuk Kesehatan

Dari beberapa kandungan dalam saffron yang sudah diketahui, terdapat banyak manfaat saffron untuk kesehatan, berikut ini ulasannya.

1. Meningkatkan Mood dan Mengobati Gejala Depresi

Suplemen saffron secara signifikan lebih efektif daripada plasebo dalam mengobati gejala depresi ringan hingga sedang.  Mengonsumsi 30 mg saffron setiap hari sama efektifnya dengan Fluoxetine, Imipramine, dan Citalopram  untuk  pengobatan konvensional untuk depresi.

2. Sifat Melawan Kanker

Saffron kaya akan antioksidan, yang membantu menetralisir radikal bebas berbahaya. Kerusakan radikal bebas telah dikaitkan dengan penyakit kronis, seperti kanker.

Efek ini juga berlaku untuk kulit, sumsum tulang, prostat, paru-paru, payudara, leher rahim, dan beberapa sel kanker lainnya. Terlebih lagi, penelitian tabung telah menemukan bahwa kandungan dalam saffron crocin – antioksidan utama dalam saffron dapat membuat sel kanker lebih sensitif terhadap obat kemoterapi.

3. Dapat Mengurangi Gejala PMS

Premenstrual syndrome (PMS) adalah istilah yang menggambarkan gejala fisik, emosional, dan psikologis yang terjadi sebelum dimulainya periode menstruasi.

Pada wanita berusia 20-45 tahun, mengonsumsi 30 mg saffron setiap hari lebih efektif daripada plasebo dalam mengobati gejala PMS, seperti lekas marah, sakit kepala , mengidam, dan nyeri.

Dengan mencium saffron selama 20 menit membantu mengurangi gejala PMS seperti kecemasan dan menurunkan kadar hormon stres kortisol.

4. Dapat Bertindak sebagai Afrodisiak

Manfaat saffron yang lain adalah sebagai afrodisiak. Afrodisiak merupakan makanan atau suplemen yang membantu meningkatkan libido kamu. Mengkonsumsi 30 mg saffron setiap hari selama empat minggu secara signifikan meningkatkan fungsi ereksi dibandingkan plasebo pada pria dengan disfungsi ereksi terkait antidepresan. 

Selain itu, mengonsumsi saffron secara signifikan meningkatkan fungsi ereksi, libido, dan kepuasan keseluruhan tetapi tidak pada karakteristik air mani. 

Pada wanita dengan hasrat seksual rendah karena mengonsumsi antidepresan, 30 mg saffron setiap hari selama empat minggu mengurangi rasa sakit terkait seks dan meningkatkan hasrat seksual dan pelumasan, dibandingkan dengan plasebo.

5. Dapat Mengurangi Nafsu Makan dan Membantu Menurunkan Berat Badan

Ngemil adalah kebiasaan umum yang dapat menempatkan kamu pada risiko kenaikan berat badan yang tidak diinginkan. Menurut penelitian, kunyit dapat membantu mencegah ngemil dengan menahan nafsu makan.

Mengonsumsi suplemen ekstrak kunyit membantu secara signifikan mengurangi nafsu makan, indeks massa tubuh (BMI), lingkar pinggang, dan massa lemak total.

saffron untuk kecantikan, manfaat saffron untuk kecantikan
Manfaat Saffron Untuk Kecantikan

Cara Penyimpanan Saffron

Saffron segar tersedia di tempat-tempat khusus. Cobalah untuk membeli putik (putik) kering utuh daripada bubuk kunyit karena sering kali mungkin dipalsukan. Pilih wadah yang tertutup rapat dari label perusahaan penjual asli.

Saffron segar harus memiliki warna merah tua yang cerah, dan ketika digosok di antara jari-jari, akan mengeluarkan aroma yang sangat menyenangkan dan noda kuning keemasan. Carilah benang sari yang panjang, masing-masing berukuran 2 hingga 4 cm..

Simpan di dalam kotak tertutup dan simpan di tempat gelap yang sejuk (sebaiknya jangan simpan di dalam lemari es) jauh dari cahaya karena sinar cahaya mengoksidasi kandungan dalam safron dan mengimbangi rasanya.

Ternyata Kandungan Zat Dalam Saffron Bisa Hilang!

Sudah dibahas dan dijelaskan di bagian atas apa saja kandungan nutrisi dalam saffron. Saffron yang bagus dan berkualitas tinggi dilihat dari kadar senyawa yang terkandung di dalamnya. Tapi ternyata senyawa-senyawa tersebut bisa berkurang kadarnya bahkan hilang. Jika semua itu terjadi maka saffron sudah tidak bisa memberikan manfaat untuk kesehatan.

Bagaimana kita tahu kandungan dalam saffron itu sudah berkurang atau hilang? Ternyata karena salah penyimpanan saffron, kandungan zat di dalamnya bisa berkurang lo. Ini yang perlu menjadi perhatian kita sebagai konsumen saffron.

Jika kamu mau membeli saffron pastikan dulu ke penjualnya kriteria dan kualitas saffron yang dia jual. Karena sekarang banyak sekali penjual dengan saffron-saffron curahnya. Saffron ini sudah jelas kualitas dan kadar nutrisi yang dikandungnya sudah sangat berkurang jauh.

Kesimpulan

Dalam satu putik saffron banyak sekali kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Pantas harganya tinggi tapi masih banyak yang minat untuk mengkonsumsinya. Dari artikel ini, seharusnya kamu bisa menjadi lebih paham bagaimana harus memilih saffron yang bagus itu bagaimana.

Untuk merasakan khasiat yang dikandungnya, sudah semestinya konsumsi saffron yang berkualitas dan terlebih lagi masih fresh itu wajib.

Rumah Saffron selalu berupaya menghadirkan saffron asli yang fresh dengan kualitas terbaik. Kami pun siap menjelaskan apa yang ingin kamu ketahui tentang saffron sebelum membeli. Langsung saja chat ke nomor 0857 7546 7224 atau klik disini untuk langsung terhubung whatsapp. Lebih terpercaya, amanah dan rekomended.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Kolom yang wajib ditandai *