Manfaat Saffron Untuk Antioksidan yang Tidak Banyak Diketahui

Manfaat saffron untuk antioksidan. Terdapat banyak sekali manfaat saffron untuk antioksidan demi menjaga kesehatan kita. Saffron kaya akan antioksidan bernama crocin yang dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit kanker dalam tubuh.

Antioksidan merupakan senyawa yang dapat menghambat terjadinya oksidasi yang berasal dari senyawa lain. Tubuh manusia secara alami dapat menghasilkan antioksidan dan radikal bebas. Tetapi, ternyata radikal bebas yang dihasilkan melebihi jumlah antioksidan alami.

Radikal bebas dihasilkan secara alami pada saat tubuh mengubah makanan menjadi energi dan ketika kamu berolahraga. Selain itu, tubuh kamu juga dapat terkena paparan radikal bebas yang berasal dari lingkungan seperti rokok, polusi udara, asap kendaraan, dan sinar matahari.

Radikal bebas menjadi penyebab stres oksidatif, yaitu proses di dalam tubuh yang mampu memicu kerusakan sel-sel dalam tubuh. Stres oksidatif menjadi bagian penting dari berbagai penyakit seperti diabetes, kanker, penyakit Alzheimer, Parkinson, dan penyakit jantung.

Untuk menghindari berbagai dampak buruk dari radikal bebas, manfaat saffron untuk antioksidan sangat kamu butuhkan. Berikut ini beberapa manfaat antioksidan yang terdapat dalam saffron bagi tubuh kamu.

manfaat saffron untuk antioksidan, saffron untuk kesehatan, rumah saffon
Manfaat Saffron Untuk Antioksidan

Saffron Untuk Antioksidan: Membantu Kesehatan Mata

Penelitian yang dilakukan oleh “The Are-Related Eye Disease Study” (AREDS) menemukan bahwa kombinasi dari vitamin C, vitamin D, seng, dan beta-karoten dapat memberikan fungsi sebagai perlindungan pada perkembangan degenerasi makula mata pada orang tua atau lansia.

Lutein atau karotenoid alami yang berasal dari sayuran hijau seperti kangkung dan bayam, dapat melindungi penglihatan mata kamu. Ketika makanan tersebut dikonsumsi, lutein akan membentuk vitamin A di dalam tubuh.

Vitamin A mengatur pigmen yang diproduksi oleh retina (lapisan jaringan peka cahaya yang ada di mata). Sehingga dapat membantu untuk melindungi mata kamu dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari, sambil mempertahankan fungsi warna yang rendah dan juga penglihatan cahaya.

Saffron Untuk Antioksidan : Kesehatan Kulit 

Jika kulit kamu terkena paparan sinar ultraviolet tingkat tinggi, maka kulit kamu akan mengalami oksidasi atau kerusakan foto-oksidatif. Hal inilah yang menjadi penyebab rusaknya protein, sel dan DNA kulit sehingga menyebabkan penuaan dini dan kerusakan kulit.

Hasil studi menunjukkan bahwa manfaat saffron untuk antioksidan yaitu dapat melindungi kulit wajah dari paparan sinar ultraviolet dari matahari. Manfaat saffron untuk kulit ini berasal dari kandungan senyawa flavonoid atau antioksidan seperti quercetin dan kaempferol. 

Saffron Untuk Antioksidan : Meningkatkan Memori 

Manfaat antioksidan yang selanjutnya yaitu mampu mengurangi tanda-tanda penuaan di dalam tubuh. Antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E ternyata dapat membantu menjaga kesehatan memori kamu. Antioksidan ini akan membuat kemampuan sel otak meningkat dan juga ingatan jangka panjang akan terjaga.

Saffron Untuk Antioksidan : Kesehatan Hati

Hati menjadi salah satu organ yang paling penting di dalam tubuh. Organ hati berfungsi sebagai organ detoksifikasi yang utama dan untuk menjaga metabolisme tubuh agar tetap seimbang.

Stres oksidatif pada tubuh dapat mengakibatkan kerusakan pada sel hati. Kebiasaan buruk seperti merokok, minum obat-obatan dalam jangka panjang, dan minum alkohol dapat mempercepat proses kerusakan sel hati.

Antioksidan seperti senyawa naringenin (jeruk), quercetin (bawang dan apel), dan curcumin (temulawak) dapat membantu melindungi kerusakan hati juga.

saffron asli, ciri saffron asli dan palsu, jual saffron, jual saffron kashmir, rumah saffron, saffron asli
Saffron Kashmir Asli

Makanan Tinggi Antioksidan Pengimbang Saffron

Selain dari saffron, manfaat saffron untuk antioksidan bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi beberapa jenis buah-buahan. Berikut ini buah-buahan tinggi antioksidan yang dapat kamu tambahkan ke dalam menu harian bersama saffron.

  1. Strawberry 

Vitamin C yang terdapat pada strawberry merupakan salah satu bentuk antioksidan yang memiliki manfaat untuk mencegah anemia, menjaga kekenyalan kulit, dan menjaga daya tahan tubuh. Selain vitamin C, ada antioksidan lain yang terdapat dalam buah strawberry yaitu polifenol. 

  1. Ceri

Antosianin merupakan antioksidan yang terkandung dalam buah ceri dan sekaligus memberikan warna merah yang khas pada buah tersebut. Bagi penderita asam urat, sebaiknya rajin mengkonsumsi buah ceri. Mengkonsumsi 20 buah ceri dalam sehari ternyata dapat mengurangi nyeri pada asam urat. Selain itu, buah ceri juga dapat menangkal penyakit jantung dan kanker.

  1. Blueberry

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kadar antioksidan di dalam buah blueberry adalah yang tertinggi diantara sayuran dan buah lainnya.

Buah blueberry memiliki manfaat dapat menunda penurunan fungsi otak yang sering terjadi pada seseorang dengan usia yang sudah lanjut.

  1. Raspberry

Selain tinggi akan kandungan antioksidan, buah raspberry juga tinggi kandungan mineral dan vitamin C yang baik bagi tubuh kamu.

Kandungan antioksidan di dalam buah ini efektif membunuh sel kanker yang  ada di organ usus besar, lambung, dan payudara mencapai 90 persen.

Keunggulan raspberry tersebut karena adanya antioksidan antosianin yang mampu mengurangi peradangan dan stres oksidatif yang dapat menyebabkan kanker. 

Selain manfaat saffron untuk antioksidan, raspberry yang kaya akan kandungan antioksidan juga bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit jantung.

Jenis Saffron Untuk Antioksidan

Banyak jenis saffron yang mungkin bikin kamu bingung ketika memilihnya. Sebenarnya saffron mana yang memiliki antioksidan paling banyak? Saffron asli yang masih fresh serta berkualitas banyak mengandung antioksidan.

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat antioksidan dari saffron, pastikan konsumsi saffron asli dan kualitasnya jelas bagus. Fresh juga. Karena sekarang banyak sekali saffron yang sudah tidak fresh, saffron curah. Akhir-akhir ini saffron curah banyak sekali tersebar di Indonesia khususnya.

Saffron yang sudah lama tersimpan dan hampir habis masanya. Bisa karena tidak kunjung laku. Atau salah penyimpananya. Kualitas saffron curah sudah menurun jauh bahkan hilang. Misal kamu rendam 10 putik aja air sudah tidak bisa menguning. Padahal biasanya hanya 3 putik saja air sudah menguning.

Konsultasi Saffron Untuk Antioksidan

Kamu bisa konsultasikan dulu sebelum memutuskan untuk membeli saffron. Pastikan saffron itu masih fresh, asli dan berkualitas bagus. Penjual yang baik dan terpercaya bakalan menjelaskan dengan lebih detail tentang saffron dan apa yang belum kamu tahu.

Kamu juga bisa share pengalaman kamu di kolom komentar pengalaman beli saffron. Supaya teman-teman yang lain bisa mengambil manfaatnya.

Kesimpulan Manfaat Saffron Untuk Antioksidan

Manfaat saffron untuk antioksidan dapat kamu dapatkan jika konsumsi secara rutin. Dan tentunya saffron yang kamu konsumsi asli dan berkualitas. Karena hanya yang berkualitas yang mengandung banyak antioksidan.

Rumah Saffron selalu menyediakan saffron asli yang fresh dengan kualitas terbaik. Kami pun siap menjelaskan apa yang ingin kamu ketahui tentang saffron sebelum membeli. Langsung saja chat ke nomor 0857 7546 7224 atau klik disini untuk langsung terhubung whatsapp. Lebih terpercaya, amanah dan rekomended.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Kolom yang wajib ditandai *